Pages

Jumat, 17 Juni 2011

Cara memahami tentang jodoh dan taqdir ketentuan Allah


Bib,ana mau tanya,benarkah yang namanya jodoh itu bahwa jika sepasang kekasih itu sampai ke pernikahan?sedangkan bila bukan jodoh ,maka keduanya tidak akan pernah sampai ke pernikahan Bib?Adakah dalil tentang hal Jodoh ini Bib?
Jawaban Habib Munzir Al Musawwa
Rasul saw bersabda : Sungguh Allah swt menciptakan kalian 40 hari pertama di alam rahim sebagai air mani, kemudian 40 hari kedua berupa gumpalan darah, kemudian 40 hari ketiga berupa gumpalan daging, lalu diciptalah bentuknya, dan ditentukan takdirnya berupa amalnya, rizkinya, ajalnya, dan apakah ia dineraka atau disorga, lalu dihembuskan padanya ruh.. dst (Shahih Bukhari).
jodoh termasuk rizki kita, sudah ditentukan Allah,
namun semua ketentuan itu bukan satu ketentuan, tapi bisa bermilyar milyar ketentuan, misalnya begini, hamba ini bisa beramal ini dan ini, jika ia beramal ini dan ini maka rizkinya sekian, ajalnya sekian, dan ia dineraka atau disorga,
jika ia beramal ini dan ini, maka rizkinya sekian, jodohnya si fulan, wafatnya sekian, dan masuk neraka
sebagaimana firman Nya : Kami jadikan bagi mereka dua jalan (QS Al Balad 10)
juga firman Nya : Kami memberi mereka jalan (yg mereka pilih) apakah mereka bersyukur atau kufur (QS Al Insan 3)
maka kembali masalah jodoh, hal itu mutlak namun relatif, dengan doanya bisa saja berubah jodohnya diganti dg yg lebih baik, atau dengan banyaknya amal dosanya maka rizki yg termasuk jodohnya bisa menjadi buruk.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Islam-Islam. All Rights Reserved.
Blogger Template designed by Simple Blogger Tutorials. Distributed by Blogger Templates